Entri Lainnya :

Gerakan Lambung Sehat

Sakit maag selain mengganggu aktivitas si penderitanya, juga bisa menjadi salah satu gejala dari kanker lambung.Untuk itu,sangat penting sekali menjaga kesehatan lambung sejak dini, yang harus dimulai dari keluarga.

Penelitian yang dilakukan di Indonesia dan di luar negeri, menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang paling banyak ditemui ialah maag fungsional,yang mencapai 70–80% dari kasus sakit maag.

Sakit maag fungsional adalah sakit maag yang bukan disebabkan gangguan pada organ lambungnya, melainkan lebih sering dipicu pola makan yang kurang sesuai serta faktor psikis atau faktor stres dan kecemasan. Padahal, ada cara mudah untuk menjaga kesehatan lambung sehingga mampu memelihara fungsi kerja organ lambung seumur hidup kita, di antaranya dengan memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Jika hal tersebut selalu disepelekan, dikatakan Sukma bahwa bisa terjadi beragam dampak, di antaranya sakit maag yang bisa berasal dari stres dan pola makan tidak sehat dan bisa berlanjut menjadi komplikasi lebih parah. Bila dibiarkan,komplikasi ini bisa berakibat infeksi akut pada lambung dan yang paling parah adalah kanker lambung.

Berkaitan dengan hal tersebut, ”Gerakan Lambung Sehat” merupakan gerakan yang dilakukan untuk mendorong masyarakat agar lebih memberikan perhatian pada kesehatan lambung.

Yang baik adalah jangan memulai makan setelah benar-benar lapar, atur waktu makan seperti makan pagi berkisar pukul 06–08, makan siang pukul 12.00–13.00, dan makan malam jangan dilakukan di atas pukul 20.00. jangan biasakan terlambat makan atau makan tidak teratur karena asam lambung akan merusak selaput lendir lambung yang bisa menyebabkan maag.

Beberapa peneliti juga menyatakan, bila makan dengan teratur, tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik daripada makan yang tidak teratur,dengan metabolisme yang baik akan dapat mengontrol berat badan Anda. Bila berlebih maka bisa membebani saluran cerna dan akan memberikan kalori yang berlebih yang bisa menyebabkan kegemukan. Tetapi apabila kekurangan, tubuh akan kekurangan sumber energi yang bisa menjadikan tubuh terasa lemah.

Gizi seimbang memiliki arti bahwa jenis makanan harus lengkap, yang mengandung sebagian besar ( s e k i t a r 50–60%) bahan makanan sumber karbohidrat seperti nasi putih, nasi merah, roti, kentang, bihun, sereal, oatmeal, dan singkong. Tidak lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah, serta hindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas, asam, kopi, minuman bersoda, atau minuman mengandung alkohol, di mana keseluruhan makanan tersebut berisiko menyebabkan sakit mag, karena dapat merangsang produksi asam lambung menjadi berlebihan.


Artikel Terkait:

1 komentar:

Info kesehatan alami mengatakan...

makasih info nya sangat bermanfaat, izin share. salam sehat
http://www.infokesehatanalami.com

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mengkopi semua isi di blog ini tidak diwajibkan untuk meminta izin kepada pemilik blog, jadi silahkan kalau anda menyukai salah satu isi dari blog ini, anda boleh mengkopi atau membagikan link download yang ada ke blog anda.

Terima kasih telah berkunjung ke KRENSHIP ™